Cara Diet Sehat

6 Gerakan Olahraga untuk Memperbaiki Tubuh Bungkuk

Kifosis adalah sebuah kondisi di mana tulang belakang yang melengkung ke depan melebihi batas normal sehingga seseorang yangmengalaminya akan menjadi bungkuk. Sekitar 20 sampai 40 persen orang tuamenderita kifosis. Namun tidak dapat dipungkiri saat ini para remajapun sudah mengalaminya. Umumnya kifosis terjadi karena kebiasaan sikaptubuh yang buruk atau kelainan bawaan sejak lahir.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2009 dalamOsteoporosis Internasional menemukan jika latihan penyambungan tulangbelakang yang dilakukan 3 kali seminggu selama satu tahun secara rutinmampu memperbaiki postur tubuh yang baik. Berikut beberapa olahraga yang dapat dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh yang bungkuk.Wall slides

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk memperbaiki posturtubuh yang bungkuk adalah dengan peregangan dada. Ikuti langkah berikut :Berdirilah tegak dengan punggung menempel sejajar pada tembok. Beri jarak sedikit telapak kaki Anda dari tembokRegangkan tulang dada dengan cara menekan punggung Anda ke dinding yang datar sambil menekuk lutut Letakkanlah kedua telapak tangan di tembok pastikan keadaan telapak tangan di luarGeserlah secara perlahan posisi tubuh Anda ke bagian kiriSaat Anda menggeser posisi tubuh ke kiri, Anda harus bisamerasakan peregangan yang terjadi di bagian dada dan juga di bagian bahuTahanlah agar tetap pada posisi tersebut selama beberapa detikSetelah menggeser tubuh anda ke bagian kiri, lalu ganti pada posisi kananLakukanlah hal tersebut secara bergantianPose kobra

Seperti namanya, pose ini mengikuti pose ular kobra. Selainuntuk menguatkan tulang belakang pose ini sekaligus bermanfaat untukmengecilkan perut.Berbaringlah dalam keadaan menelengkup, perut sejajar lantai dengan kedua tangan di bawah bahuPastikan jari-jari Anda mengarah ke depan dan posisi kaki rapatKemudian, usahakan agar siku tetap dekat dengan sisi tubuh lalu cobalah menyentuhkan kedua tulang belikatStabilkan punggung Anda dengan mengencangkan otot-otot perutAngkat dada pelan-pelan, pastikan leher memanjang ke atas menghadap langit-langitTahan selama 10 kali tarikan napas, kemudian turunkan badanUlangi gerakan sebanyak 3 setDoorway stretch

Gerakan ini menggunakan media pintu yang digunakan sebagai titik tumpu dalam menahan beban tubuh.Berdirilah di tengah-tengah pintu yang terbukaAngkat kedua lengan Anda di kanan dan kiri kerangka pintu sambil menekuk siku sampai 90 derajatLangkahkan satu kaki kedepanPegang erat-erat kerangka pintu sambil mendorong tubuh Anda ke depan sampai Anda merasakan peregangan pada dadaTahan selama 10 detikUlangi sebanyak 3 setResistance band row

Ketika Anda ke gym, Anda bisa melakukan latihan ini menggunakanbantuan alat mesin kabel elastis.  Anda juga bisa menggunakan mediatali yang dibuat seperti cara kerja mesin kabel.Mulailah berdiri dengan kedua tangan memegang resistance bandKemudian tariklah bandSaat menarik mesin kabel tersebut usahakan posisi kepala, bahu, punggung tetap lurusLakukanlah cara tersebut sebanyak 3 setProne Y

Pose ini hampir sama dengan pose kobra, hanya saja yang Anda mengangkat tangan Anda ke atas membentuk huruf Y.Baringkanlah tubuh di atas lantai atau bisa juga gunakan matras sebagai alasSejajarkan posisi kaki dengan posisi bahuSetelah itu, angkat bagian kedua lengan sampai tubuh membentuk huruf YTahanlah posisi tubuh seperti itu selama 5 sampai dengan 10 detikLakukanlah cara tersebut sebanyak 3 setUpper back

Salah satu latihan yang bisa digunakan untuk memperbaiki postur tubuh anda adalah dengan melatih upper back atau punggung bagian atas. Latihan ini membutuhkan bantuan busa rolling supaya gerakan bisa dilakukan secara sempurna. Letakkanlah busa rolling di bagian tulang belakang, tepatnya di bawah tulang belikat Tekuk bagian lutut kemudian biarkan kaki menyentuh lantaiLetakkanlah kedua tangan di bagian belakang kepalaAngkat bagian pinggang secara perahan kemudian mulailahmenaikkan pinggul dan menurunkan pinggul sedikit demi sedikit selama 10sampai dengan 15 detikLakukanlah cara tersebut sebanyak 3 setTips Olahraga Saat Berpuasa 

1.    Waktu terbaik berolahraga saat puasa

Poinpertama yang harus kalian perhatikan adalah tentang waktu yang baikuntuk berolahraga. Berdasarkan riset dari thenational dan islamcity,dikatakan bahwa olahraga sebaiknya jangan dilakukan ketika sedangmelakukan puasa karena ketika puasa perut kita dalam keadaan kosong.Waktu yang direkomendasikan untuk melakukan olahraga dibulan ramadhanadalah pada saat setelah berbuka puasa, mengapa? Karena ketika sesaatsetelah berbuka puasa makan badan akan mendapatkan energy dari  makanandan minuman yang kita konsumsi saat berbuka puasa tadi.2.    Jenis olahraga yang baik dilakukan ketika puasa

Poinkedua adalah tentang jenis olahraga yang baik dilakukan ketika kalianberpuasa. Lakukanlah olahraga dengan intensitas ringan hingga sedangmisalnya adalah berjalan, jogging, atau bersepeda. Sangat disarankanuntuk tidak mencoba olahraga dengan intensitas tinggi karenadikhawatirkan badan tidak mampu untuk melakukannya. 3.    Perhatikan tentang asupan makanan bagi tubuh

Ketikabulan puasa, badan diberi kesempatan untuk mengkonsumsi makanan danminuman sebanyak 2 kali yaitu ketika berbuka puasa dan ketika sahur.Waktu makan dibulan ramadhan berbeda dengan sehari-hari ketika saattidak bulan puasa selain itu porsi makan juga kemungkinan akan berubahtetapi selalu usahakan untuk tetap mengkonsumsi makanan dengan jumpalhyang sama seperti hari biasa diluar bulan ramadhan, jangan berlebihandan jangan kekurangan juga. Makanlah makanan dengan kandungan zat giziseperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral untuk memenuhikebutuhan zat gizi yang diperlukan badan kita.Konsumsi makanandengan kandungan karbohidrat yang tinggi ketika berbuka puasa bisamemaksimalkan cadangan glikogen otot, konsumsi makanan dengan kandunganlemak tinggi ketika sahur bisa memperlambat pencernaan sehingga perut tidak mudah kosong. Keduanya merupakan strategi untuk mengurangiperasaan cepat lapar saat puasa dan bisa mempertahankan energy saatolahraga dimulai.

Selainitu, alternatif lain adalah dengan mengkonsumsi suplemen fitness AbbottEAS Myoplex Casein setelah berbuka puasa atau setelah sahur bisamemenuhi kebutuhan nutrisi otot kalian. EAS Casein memiliki sifat slowrelease protein yang bisa memberikan kandungan protein yang diserapsecara bertahap oleh badan kita. Casein akan membentuk gel didalamlambung setelah dikonsumsi, hal ini akan membuat casein akan lebihlambat diserap oleh tubuh, Hasilnya kecukupan protein dan asam aminotubuh akan tetap terjaga dalam periode waktu yang cukup lama.Kesimpulannya adalah penguraian protein menjadi energi yang diakibatkankurangnya asupan protein selama bualan puasa bisa dihindari. Suplemenfitness terbaik saat bulan puasa yang sangat direkomendasikan adalahAbbott EAS Myoplex Casein ini. Untuk melihat produk EAS Casein inisilakan klik disini.4.    Tingkatkan intensitas mengkonsumsi cairan

Dehidrasiatau kekuarangan cairan tubuh bisa terjadi saat kita berolahraga, untukmencegah terjadinya dehidrasi adalah dengan memenuhi kebutuhan cairantubuh kita. Minumlah cairan sekitar 1.5 sampai 2 liter per hari ataulebih. Selain itu batasi melakukan aktivitas fisik pada siang hari agarterhindar dari dehidrasi.  5.    Perhatikan pola tidur kalian

Pointerakhir adalah dengan perhatikan pola tidur kalian. Untuk menjaga agarbadan tetap prima ketika bulan ramadhan, waktu tidur harus cukup,Disarankan untuk kalian yang sudah masuk dalam usia dewasa, diperlukanwaktu tidur sekitar 7 sampai 9 jam perhari. Lakukan tidur siang saatbulan puasa bisa dilakukan untuk pertahankan kondisi tubuh kita agartetap sehat dan bugar.

Nah itu dia artikel tentang tips dan triklengkap seputar olahraga dengan judul Tips lengkap olahraga saat puasa.Selamat mencoba dan semoga bermanfaat tentunya. Salam olahraga!15 Cara Diet Aman Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu

Tubuh langsing dan ramping dengan berat badan yang ideal merupakan dambaansetiap wanita saat ini. Upaya apaun pasti akan mereka lakukan demimendapatkan tubuh langsing dan ramping, seperti yang mereka dambakan.Sedikit saja lemak yang terlihat pada bagian tubuh, membuat para wanitapusing dan ingin segera menghilangkannya. Tidak hanya menyebabkan tubuhjadi terlihat gendut dan berat badan yang kurang ideal, tetapi jugaberimbas pada kesehatan. Banyak sekali masalah kesehatan yang timbuldari timbunan lemak ditubuh jika terus dibiarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *