5 Cara Diet Sehat dan Cepat, Efektif Turunkan Berat Badan | merdeka.com

Ilustrasi olahraga. ©2018 Merdeka.com/Pexels

Merdeka.com – Seperti diketahui, berat badan masih menjadi masalah yang kerap mengganggu bagi sebagian orang. Salah satunya, bagi orang dengan berat badan berlebih banyak yang merasa kurang percaya diri dengan bentuk tubuh yang dimiliki. Sebab, secara tidak langsung kondisi ini dapat mengganggu penampilan, baik dialami oleh pria maupun wanita.

Lebih dari itu, kondisi berat badan yang berlebihan tentu saja menimbulkan kondisi tubuh yang kurang sehat. Di mana tubuh menjadi lebih susah digerakkan, cepat merasa lelah, hingga dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu akibat obesitas. Untuk itu, menjaga berat badan yang ideal perlu dilakukan oleh setiap orang. Hal ini penting dilakukan demi mendapatkan tubuh yang sehat, bugar, dan tidak mudah terserang penyakit.

Dalam hal ini, berbagai cara diet bisa mulai diterapkan. Seperti menjaga pola dan asupan makan sehari-hari, hingga melakukan aktivitas fisik atau berolahraga dengan rutin. Meskipun begitu, tidak sedikit orang yang telah mencoba berbagai macam diet namun belum juga menunjukkan hasil yang baik.

Bagi Anda yang mengalami hal serupa, tidak perlu khawatir. Anda bisa menyimak beberapa cara diet sehat dan cepat berikut untuk mendapatkan hasil efektif dalam upaya menurunkan berat badan. Dilansir dari Fimela.com, berikut kami telah merangkum beberapa cara diet sehat dan cepat yang bisa Anda terapkan.

2 dari 6 halamanKurangi Asupan Karbohidrat

Cara diet sehat dan cepat yang pertama bisa dilakukan dengan mengurangi asupan karbohidrat. Dengan mengurangi konsumsi karbohidrat, tentu saja jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih sedikit. Bukan hanya itu, mengurangi asupan karbohidrat juga berguna untuk menurunkan kadar insulin yang biasanya mendorong ginjal melepaskan kelebihan sodium dan air dalam tubuh.

Selain itu, berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa perempuan dengan berat badan berlebih mendapatkan perubahan yang signifikan setelah melakukan diet karbohidrat, dibandingkan dengan perempuan yang menerapkan diet rendah lemak. Selain itu, diet rendah karbohidrat juga dinilai dapat mengurangi nafsu makan sehingga dapat menekan penyerapan kalori berlebih dalam tubuh.

3 dari 6 halamanKonsumsi Makan Berprotein

Cara diet sehat dan cepat selanjutnya dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan berprotein. Seperti diketahui, konsumsi makanan berprotein tinggi dapat membantu perut lebih cepat merasa kenyang sehingga mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak hingga 60 persen. Lebih dari itu, diet protein tinggi terbukti dapat meningkatkan pengeluaran kalori hingga 80 – 100 kalori setiap harinya.

Bagi Anda yang sedang berupaya untuk menurunkan berat badan lebih cepat bisa mulai mengonsumsi makanan berprotein tinggi. Mulai dari daging sapi, daging ayam, daging kambing, ikan salmon, kerang, udang, telur ayam, telur bebek, telur puyuh, hingga berbagai macam kacang-kacangan, atau biji-bijian seperti kedelai. Anda bisa mengombinasikan beberapa jenis makanan berprotein tinggi ini menjadi hidangan menu yang sehat dan lezat.

4 dari 6 halamanKonsumsi Sayuran Rendah Karbohidrat

©2018 Merdeka.com/Pixabay

Cara diet sehat dan cepat berikutnya juga bisa didapatkan dengan konsumsi sayuran rendah karbohidrat. Dalam hal ini, sayuran rendah karbohidrat mempunyai berbagai macam nutrisi lain yang baik untuk kesehatan tubuh. Lebih dari itu, sayuran rendah karbohidrat dapat dikonsumsi dalam jumlah cukup banyak tanpa memberikan risiko naiknya berat badan.

Dalam hal ini, terdapat berbagai jenis sayuran rendah karbohidrat yang bisa Anda konsumsi. Seperti brokoli, bunga kol, bayam, tomat, kubis, selada, dan juga mentimun. Beberapa jenis sayuran ini bisa dikombinasikan dengan makanan berprotein tinggi, menjadi menu diet sehat yang efektif untuk menurunkan berat badan. Ini menjadi salah satu cara diet sehat dan cepat yang patut dicoba.

5 dari 6 halamanKonsumsi Makanan dengan Kandungan Lemak Sehat

Cara diet sehat dan cepat berikutnya juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat. Perlu diketahui, meskipun sedang menjalankan program diet, bukan berarti tidak boleh sama sekali mengonsumsi makanan berlemak. Anda masih dapat mengonsumsi makanan berlemak, tetapi lemak sehat.

Makanan dengan kandungan lemak sehat ini bisa didapatkan dari minyak zaitun, minyak kelapa, mentega, dan buah alpukat. Meskipun mengandung lemak, beberapa makanan ini mempunyai kandungan lemak baik dan berbagai nutrisi lain yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.

6 dari 6 halamanLakukan Aktivitas Fisik Angkat Beban

©2018 Merdeka.com/Pexels

Cara diet sehat dan cepat yang terakhir tentu saja dengan melakukan aktivitas fisik, seperti angkat beban misalnya. Dalam hal ini, aktivitas angkat beban dapat membakar kalori tubuh lebih cepat dan mencegah melambatnya metabolisme, yang dapat mempengaruhi upaya penurunan berat badan.

Untuk itu, cobalah untuk mengikuti kelas fitness 3 – 4 kali seminggu dengan aktivitas angkat beban sebagai latihan utama. Jika merasa kesulitan dan tidak begitu menyukai angkat beban, Anda bisa melakukan latihan kardio seperti berjalan, lari, bersepeda, berenang, maupun senam HIIT Cardio. Ini menjadi salah satu cara diet sehat dan cepat yang tidak boleh dilupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *